Replika Patung Gajah Mungkur di Gresik Berbentuk Aneh

Home / Berita / Replika Patung Gajah Mungkur di Gresik Berbentuk Aneh
Replika Patung Gajah Mungkur di Gresik Berbentuk Aneh Replika patung gajah mungkur di perlimaan petro (Foto: Akmal/TIMES Indonesia).

TIMESGRESIK, GRESIKReplika patung gajah mungkur yang dibangun di Perlimaan Petrokimia Gresik, Jawa Timur menuai pro kontra di masyarakat, sebab patung gajah itu berbentuk aneh dan tidak mirip dengan aslinya.

Dari pantauan, patung gajah itu tidak memiliki telinga dan mata.

Sebagai informasi, pembangunan landmark atau tetenger patung gajah mungkur itu dibangun dari CSR (Corporate Social Responsibilty) PT Petrokimia Gresik yang dikabarkan menelan dana Rp 1 Miliar.

Landmark yang mengusung tema salah satu rumah kuno di kawasan kemasan ini dibangun pada sisi kiri pojok belokan dari Jalan AYyani menuju jalan Usman Sadar Gresik. Sedangkan bangunan lain akan ditempatkan dipojokan jalan antara Jalan Dokter Sutomo dan Jalan Proklamasi.

Salah satu warga, Aditya mengatakan bangunan tetenger itu terkesan lucu sebab bentuknya sangat beda dengan aslinya. "Kalau itu replika gajah mungkur, ya sangat beda dengan aslinya," katanya, Kamis (16/1/2020).

Sementara itu, pewaris rumah kuno gajah mungkur, Akhmad Choiri saat ditemui di kediamannya di jalan Nyai Ageng Arem-Arem no. 38, Kota Gresik itu menanggapi anehnya bangunan replika gajah mungkur yang dijadikan tetenger.

Menurut dia, saat pembangunan pihaknya tak pernah dilibatkan. Menurut dia, bangunan patung itu terkesan aneh bentuknya dan kurang tepat. "Kurang pas, Pemkab tidak pernah kulonuwun kepada kami dari pihak keluarga dan ahli waris," ujarnya.

Kalau memang mau mengambil landmark dari gajah mungkur, lanjut Choiri selama ini, pemkab sudah tidak izin juga tidak ikut merawat. Apalagi di kawasan kemasan ini banyak bangunan rumah-rumah bernilai sejarah.

"Setidaknya ya ke sini. Saya ini orangnya tidak mau mempersulit yang mudah," terangnya menanggapi replika patung gajah mungkur yang dibangun di Gresik berbentuk aneh. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com