Pemudik dari Zona Merah Diharapkan Tak Pulang ke Solo

Home / Berita / Pemudik dari Zona Merah Diharapkan Tak Pulang ke Solo
Pemudik dari Zona Merah Diharapkan Tak Pulang ke Solo Pemberian alat semprot disinfektan oleh Pemkot Surakarta ke pihak kecamatan. (Foto: Muhamad Shidiq/TIMES Indonesia)

TIMESGRESIK, SOLOPemudik yang berasal dari zona merah Covid-19 diharapkan tidak pulang ke Kota Solo. Hal ini untuk menghindari persebaran virus yang telah menjadi pandemi tersebut.

Hal tersebut disampaikan Wali Kota Surakarta, FX. Hadi Rudyatmo usai menyerahkan bantuan 270 alat semprot disinfektan elektronis kepada camat di Kota Surakarta di Pendhapi Gede Sala, Minggu (29/3/2020).

Zona merah Covid-19 yang dimaksud wali kota tersebut berada di tiga lokasi di Kota Surakarta yaitu, Semanggi, Lemah Abang Kadipiro serta Kedungtungkul Mojosongo.

Pemudik-2.jpg

‘’Harapan saya tidak pulang. Tapi kalau pulang, pak RT harus lapor pak RT, pak RW lapor ke kelurahan,’’ ujar wali kota.

Hal itu perlu dilakukan mengingat pemudik yang pulang ke Solo sudah langsung dimasukkan dalam kategori Orang Dalam Pengawasan (ODP).

Untuk mengantisipasi pemudik tersebut, wali kota telah memberi perintah kepada camat untuk diteruskan kepada semua lurah terkait informasi mengenai pendatang yang langsung ditetapkan dengan status ODP.

‘’Camat kita kumpulkan supaya menyampaikan informasi kepada lurah, dari lurah ke RT/RW, begitu ada pendatang langsung dilakukan karantina, langsung di ODP, petugas kesehatan yang di sana memeriksa, memantau pemudik itu,’’ jelas wali kota.

Diakuinya, tidak bisa dilakukan pelarangan terhadap pemudik agar tidak pulang kampung. Kalau dilarang pasti menimbulkan pro dan kontra.

Untuk mencegah penyebaran Covid-19, terminal Tirtonadi, stasiun Solo Balapan, stasiun Jebres, Purwosari untuk menyiapkan alat kesehatan seperti hand sanitizer sehingga pemudik sampai di rumah sudah sehat. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com