DMI Gresik Pantau Penyembelihan Hewan Kurban Sesuai Protokol Kesehatan

Home / Berita / DMI Gresik Pantau Penyembelihan Hewan Kurban Sesuai Protokol Kesehatan
DMI Gresik Pantau Penyembelihan Hewan Kurban Sesuai Protokol Kesehatan Proses pengemasan daging kurban di Masjid Jami' Al-Ihsan Banyuurip Ujungpangkah. (Foto: Akmal/TIMES Indonesia)

TIMESGRESIK, GRESIK – Di tengah pandemi Covid-19, PD Dewan Masjid Indonesia Kabupaten Gresik (DMI Gresik), Jawa Timur memantau penyembelihan hewan kurban di sejumlah masjid. Hal itu dilakukan penyembelihan kali ini sesuai dengan protokol kesehatan ketat.

Sebelumnya, PW DMI Jawa Timur telah mengeluarkan surat edaran. Melalui surat bernomor 158/B/PW-DMI/JTM/VII/2020 sudah diatur tata cara pelaksanaan kurban di tengah pandemi.

Sekretaris DMI Kabupaten Gresik Abdullah Farih mengatakan pihaknya memantau pelaksanaan penyembelihan hewan kurban yang menerapkan protokol Kesehatan ketat di beberapa masjid, salah satunya di Masjid Jami' Al-Ihsan Banyuurip Ujungpangkah.

Di masjid tersebut, panitia penyembelihan hewan kurban menggunakan masker, sarung tangan. Kemudian, menyediakan tempat cuci tangan dengan air yang mengalir, sabun, dan handsanitizer. Menghindari kerumunan orang dengan mengatur jumlah panitia.

"Bahkan di masjid ini sudah disediakan alat pengukur suhu tubuh dan menyiagakan petugas keamanan agar warga tidak mendekat dan berkerumun," kata Farih, Jumat (31/7/2020).

Farih menambahkan selain mengutamakan sterilisasi dalam pemotongan hewan kurban, dalam pembagian ke masyarakat juga dilakukan langsung dibagikan ke rumah warga oleh petugas sehingga tidak ada kerumunan di sekitar masjid.

"Jadi petugas langsung ke rumah warga membagikan untuk mengantisipasi agar tidak adanya kerumunan di sekitar masjid," ujarnya.

Dari pantauan dan laporan jajarannya, Farih mengaku hingga saat ini masih menerapkan protokol kesehatan. Ini penting diterapkan mengingat saat ini Idul Adha tahun ini dirayakan bertepatan dengan terjadinya pandemi Covid-19.

"Kita juga sudah sosialisasikan surat edaran dari PW DMI Jatim hingga ke tingkat ranting serta para takmir masjid agar menerapkan protokol kesehatan ketat saat proses pemotongan hewan kurban," ujar Farih, Sekretaris DMI Gresik menambahkan. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com