Lamongan Penuhi Target Sensus Penduduk Online

Home / Berita / Lamongan Menjadi Kabupaten yang Penuhi Target Sensus Penduduk Online
Lamongan Menjadi Kabupaten yang Penuhi Target Sensus Penduduk Online Bupati Fadeli menerima piagam penghargaan dari Badan Pusat Statistik (BPS) yang diserahkan oleh Kepala BPS Provinsi Jawa Timur, Dr. Dadang Hardiawan, di Ruang Kerja Bupati Lamongan. (FOTO: Humas Pemkab Lamongan for TIMES Indonesia)

TIMESGRESIK, LAMONGAN – Partisipasi warga Lamongan mengikuti Sensus Penduduk (SP) Online yang dilaksanakan sejak tanggal 15 Februari hingga 29 Mei 2020 telah berakhir cukup tinggi. Hal ini dibuktikan dengan keberhasilan Kabupaten Lamongan dalam melampaui target Sensus Penduduk Online yang dicanangkan oleh Pemerintah Pusat.

Pelaksanaan sensus dilakukan secara mandiri dengan cara mengisi kuesioner sensus di laman sensus.bps.go.id.

Pemerintah Pusat menargetkan sekitar 18 juta keluarga di Indonesia akan berpartisipasi mensukseskan pelaksanaan SP Online 2020. Kabupaten Lamongan berhasil menjadi satu-satunya kabupaten di Jawa Timur yang mampu mencapai bahkan melampaui target, dengan persentase keluarga clean terhadap target sebesar 106,86 persen.

Data jumlah clean sensus penduduk 2020 online di Kabupaten Lamongan yakni, dari 349.280 jumlah estimasi KK, terdapat 127.237 jumlah keluarga respon, dan tercatat 121.405 jumlah keluarga clean. Adapun kecamatan yang tercatat memiliki antusiasme tertinggi yakni Kecamatan Lamongan, dengan besar jumlah keluarga clean sebesar 12.023 dari jumlah estimasi KK 18.971 (63,38 persen).

Berkat capaian yang mampu dilampaui oleh masyarakat Lamongan, Kabupaten Lamongan memperoleh Piagam Penghargaan atas prestasinya sebagai kabupaten dengan capaian response rate yang melebihi target dalam pelaksanaan Sensus Penduduk Online. Bupati Fadeli menerima piagam penghargaan dari Badan Pusat Statistik (BPS) yang diserahkan oleh Kepala BPS Provinsi Jawa Timur, Dr. Dadang Hardiawan.

"Saya mengucapkan terimakasih atas antusiasme masyarakat Lamongan dalam mensukseskan pelaksanaan SP Online 2020. Melalui partisipasi ini, mari kita bersama-sama bangun Indonesia dengan satu data kependudukan," ujar Bupati Fadeli, Sabtu (1/8/2020).

Sementara itu, Kepala BPS Kabupaten Lamongan Ellyn Tambarnita Brahmana, menambahkan bahwa masyarakat Lamongan yang belum berpartisipasi dalam SP Online tetap dapat berpartisipasi dalam pendataan penduduk pada bulan September 2020.

"Adapun tingkat perolehan jumlah keluarga clean Sensus Penduduk 2020 online di Jawa Timur, pada tingkatan pertama terdapat Kota Blitar dengan persentase keluarga clean terhadap target sebesar 121,88 persen, Kabupaten Lamongan menduduki tingkat kedua dengan persentase 106,86 persen, dan Kota Pasuruan pada tingkat ketiga dengan persentase 99,35 persen," tutur Ellyn. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com