Ketua KPK Firli Bahuri akan Fokus Kembalikan Kerugian Keuangan Negara

Home / Berita / Ketua KPK Firli Bahuri akan Fokus Kembalikan Kerugian Keuangan Negara
Ketua KPK Firli Bahuri akan Fokus Kembalikan Kerugian Keuangan Negara Irjen (Pol) Firli Bahuri (FOTO: Nova Wahyudi/antarafoto)

TIMESGRESIK, JAKARTA – Irjen (Pol) Firli Bahuri yang terpilih sebagai Ketua KPK yang baru hasil uji kelayakan dan kepatutan di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis malam (12/9/2019) malam hingga Jumat (13/9/2019) dini hari akan fokus mengembalikan kerugian keuangan negara dan aset. 

"Kita ingin dalam rangka melakukan pencegahan kita ingin membangun generasi berkarakter. Kita juga akan bekerja sama dengan anggota Dewan, partai politik," kata Firli dalam fit and proper test di Komisi III DPR, malam itu.

Upaya pemberantasan korupsi bukan hanya menghukum badan dengan memasukkan orang ke dalam penjara, namun bagaimana menekan kerugian negara dan kerugian ekonomi negara.

Pengembalian kerugian negara (asset recovery) juga bagian penting dari agenda pemberantasan korupsi. Menurutnya, hal itu bisa dilakukan dengan barang sitaan dari perkara korupsi sebagai asset recovery.

Dalam menegakkan hukum, pemberantasan korupsi, tidak hanya menghukum seseorang, memasukkan orang dalam penjara.

"Tapi bagaimana bisa mengurangi kerugian negara, kerugian keuangan negara, kerugian perekonomian negara. Itu hal yang paling penting," ujarnya.

Itulah sebabnya Firli memiliki program antara lain memperkuat implementasi dan regulasi. Sebab, ia mengaku prihatin banyak orang ditahan karena OTT tapi belum maksimal dalam mengembalikan kerugian negara.

"Kita banyak orang ketahan OTT, mohon maaf karena OTT banyak sekali, saya sedih sekali. Berarti ada yang harus kita kerjakan agar kita bisa mengembalikan kerugian negara," ucapnya.

Ia menilai selama ini kerja koordinasi, supervisi dan sinergi KPK dengan lembaga penegak hukum belum maksimal. Sebab divisi koordinasi dan supervisi di KPK belum berdiri sendiri, dan masih menjadi sub-divisi Deputi Pencegahan.

Itulah sebabnya Firli Bahuri yang terpilih sebagai Ketua KPK dalam fit and proper test di Komisi III DPR RI di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, akan fokus mengembalikan kerugian keuangan negara dan aset. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com