Mengantuk Setelah Makan Siang? Atasi dengan Cara Ini

Home / Gaya Hidup / Mengantuk Setelah Makan Siang? Atasi dengan Cara Ini
Mengantuk Setelah Makan Siang? Atasi dengan Cara Ini Ilustrasi mengantuk setelah makan siang.

TIMESGRESIK, JAKARTA – Sebagian orang merasa mengantuk setelah makan siang. Hal ini terjadi karena tubuh merasa puas setelah kenyang, kadar oreksin akan menurun sehingga muncul keinginan untuk tidur. Kondisi ini bisa mengganggu jika Anda sedang bekerja. Lalu, bagaimana mengatasi kantuk usai makan siang?

Mengatasi kantuk setelah makan siang dapat dilakukan dengan berpedoman pada faktor luar tubuh yang bisa dimodifikasi. Faktor-faktor tersebut antara lain sebagai berikut.

1. Jenis makanan

Asam amino triptofan yang banyak ditemukan pada makanan tinggi protein diduga dapat menstimulasi peningkatan produksi serotonin yang merupakan hormon pengatur tidur. Beberapa jenis makanan yang banyak mengandung asam amino triptofan, antara lain telur, keju, tahu, ikan, bayam, kalkun dan kedelai.

Maka, salah satu siasat untuk mengatasi kantuk yang sangat berat setelah makan siang adalah dengan membatasi jenis-jenis makanan tersebut. Jangan lupa juga untuk membatasi jenis makanan yang mengandung melatonin.

2. Asupan cairan

Kurangnya minum air putih juga dikaitkan dengan munculnya rasa kantuk. Oleh karena itu, untuk mencegah dan mengatasi rasa kantuk, jangan lupa menjaga kecukupan asupan air putih saat makan siang.

Selain itu, Anda juga perlu menghindari konsumsi kafein secara berlebihan terutama di malam hari. Ini karena konsumsi kafein di malam hari bisa mengganggu waktu tidur, sehingga Anda akan mudah mengantuk setelah makan siang keesokan harinya.

3. Kecukupan waktu tidur

Kurangnya jumlah tidur yang berkualitas akan memengaruhi tubuh keesokan harinya. Oleh sebab itu, sangat masuk akal jika dikatakan bahwa menjaga jadwal tidur yang rutin agar tetap berkualitas adalah salah satu cara untuk mencegah dan mengatasi kantuk setelah makan siang.

4. Rutinitas olahraga

Olahraga yang teratur menjaga tubuh tetap fit, tidak mudah lelah dan lebih efisien dalam mengatur penggunaan energi. Maka, berolahraga rutin mampu membantu mengatasi kantuk berlebihan setelah makan siang.

Lakukanlah olahraga secara rutin minimal 2–3 kali per minggu, dan setiap sesi dilakukan selama minimal 30 menit.

Bila Anda sudah memperbaiki faktor-faktor di atas namun masih terganggu dengan kantuk berlebihan, jangan ragu untuk memeriksakan diri ke dokter. Sebab, beberapa masalah kesehatan seperti diabetes, alergi makanan, sleep apnea, anemia, gangguan kelenjar tiroid dan pembesaran tonsil juga dikaitkan dengan kesulitan mengatasi kantuk setelah makan siang. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com