Ingin Gigi Bersih dan Putih? Yuk Wujudkan dengan 5 Langkah Ini

Home / Gaya Hidup / Ingin Gigi Bersih dan Putih? Yuk Wujudkan dengan 5 Langkah Ini
Ingin Gigi Bersih dan Putih? Yuk Wujudkan dengan 5 Langkah Ini ILUSTRASI - Sikat gigi setiap hari. (FOTO: Shutterstock)

TIMESGRESIK, JAKARTA – Memiliki gigi bersih dan putih tentu keinginan hampir semua orang. Gigi yang bersih dan putih, selain bermanfaat untuk kesehatan juga busa membuat seseorang lebih percaya diri. Untuk mendapatkan gigi bersih dan putih, Anda bisa melakukan perawatan gigi dengan benar

Berikut ini berbagai cara perawatan gigi yang bisa Anda lakukan untuk memiliki gigi sehat dan putih.

1. Sikat gigi setiap hari

Rajin menyikat gigi setiap hari adalah perawatan yang paling mudah dan efektif untuk menjaga kesehatan serta kebersihan mulut.

Menyikat gigi akan membersihkan plak dan sisa-sisa makanan yang menempel di permukaan maupun sela-sela gigi. Gigi yang terjaga bersih pada akhirnya akan mencegah Anda dari risiko berbagai masalah gigi dan mulut, seperti gigi berlubang, radang gusi, hingga penyakit gusi.

2. Bersihkan sela-sela gigi dengan benang

Supaya gigi benar-benar terbebas dari plak dan sisa makanan, bersihkanlah sela-selanya dengan benang gigi alias dental floss. Perawatan ini sering juga disebut flossing gigi, dan tidak boleh terlewati setiap hari. Flossing sebaiknya dilakukan setelah Anda menyikat gigi.

American Dentist Association melaporkan, sebagian besar plak justru lebih sering ditemukan di sela-sela gigi atau perbatasan gigi dan gusi. Rutin flossing efektif membantu membersihkan kotoran yang terselip di antara gigi dan gusi yang susah dijangkau dengan bulu sikat gigi.

3. Bersihkan lidah

Tahukah Anda bahwa sekitar 50 persen bakteri dalam mulut ternyata bersarang di permukaan lidah? Tak hanya bisa ikut memicu kerusakan gigi, bakteri yang bersarang di lidah juga menyebabkan bau mulut.

Anda bisa membersihkan lidah dengan sikat gigi (yang lain dari sikat gigi biasanya Anda) atau dengan alat penggosok lidah khusus yang bisa dibeli di supermarket.

Caranya sikatlah lidah Anda secara perlahan dari satu arah, sebaiknya dari pangkal lidah (lidah bagian paling ujung dalam) dan gosok perlahan ke depan dalam satu gerakan. Angkat alat pembersihnya dan ulangi lagi menggosok dari paling ujung ke depan untuk beberapa kali sampai lidah terasa bersih.

4. Berhenti merokok

Center for Disease Control and Prevention (CDC) melaporkan, perokok aktif berisiko lebih tinggi untuk terkena penyakit gusi dibanding yang tidak merokok.

Semakin lama dan banyak Anda merokok, risiko Anda untuk terkena penyakit gusi dan kerusakan gigi yang parah pun semakin tinggi. Apalagi bila kebiasaan buruk ini sudah dilakukan sejak lama. Ironisnya lagi, penyakit gusi atau kerusakan gigi yang dialami perokok aktif lebih sulit diobati.

5. Check up di dokter gigi

Selain perawatan gigi di rumah agar memiliki gigi bersih dan putihAnda juga harus rutin cek kesehatan di dokter gigi. Dokter gigi dapat mendeteksi sekaligus mengobati berbagai gangguan yang umum menyerang area mulut. Misalnya saja karang gigi dan gigi berlubang (karies). (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com