Negatif X, Bukan Minus X

Home / Opini / Negatif X, Bukan Minus X
Negatif X, Bukan Minus X Abdul Halim FAthani Dosen Pendidikan Matematika Universitas Islam Malang. (FOTO: Dok. TIMES Indonesia)

TIMESGRESIK, MALANG – ISTILAH minus dan negatif, bukanlah istilah yang asing bagi kita (pembaca). Bahkan, bagi individu yang tidak suka matematika sekali pun. Kebanyakan dari kita, istilah minus dan negatif mulai dikenal sejak belajar Matematika sewaktu di bangku sekolah (SD/MI). Istilah tersebut kita temukan sewaktu belajar Matematika pada materi aritmetika. 

Dan, ternyata penulis masih menemukan, ketika kita sedang usia belajar di perguruan tinggi, kadang masih keliru “memandang” kedua istilah tersebut. Dalam kasus tertentu, di satu pihak menyebutnya dengan minus X, namun pihak lain mengatakan negatif X. Lalu, mana yang benar? Ya, jawabannya, hanya satu. Yang benar adalah mereka yang menjawab berdasarkan “dalil”.

Dalil
Sebagaimana tulisan Sumardyono (2004) tentang Karakteristik Matematika dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Matematika, dalam buku itu diuraikan, ada empat objek kajian matematika, yakni: fakta, operasi/relasi, konsep, dan prinsip. Kita semua tahu, bahwa dalam Matematika, tidak dapat lepas dari yang namanya “simbol”. Ya, bahasa Matematika adalah bahasa Simbol. 

Dalam objek matematika yang pertama adalah Fakta. Yang dimaksud “fakta” dalam matematika adalah hasil pemufakatan atau konvensi, yang biasanya diungkapkan melalui simbol tertentu. Misalnya: Ketika kita ingin menyatakan “bilangan Sembilan”, maka kita sepakat menyimbolkan dengan simbol “9”. Ketika kita ingin menyatakan “bilangan negatif”, maka kita sepakat menyimbolkan dengan simbol “–“ di depan bilangan yang dimaksud. Misalnya “bilangan negatif 7”, maka dapat disimbolkaan  “–7“. Dalam kasus lain, ketika kita ingin menyatakan “bilangan tiga ditambah (plus) bilangan tujuh sama dengan bilangan sepuluh”, maka dapat disimbolkan “3 + 7 = 10”. Lalu, jika kita ingin menyatakan pengurangan (minus), simbol apa yang disepakati? Dalam matematika, bersepakat simbol dari “minus” adalah “–“. Sama dengan simbol bilangan negatif.

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com